Kembali lagi ke atas
Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Jumat, 29 Januari 2010

Modifikasi Printer dan Permasalahannya


Modifikasi Printer dan Permasalahannya. Printer merupakan alat yang berguna untuk mencetak data, baik berupa teks maupun gambar di atas sebuah media. Printer terdiri dari beberapa jenis. Perbedaan jenis jenis printer terletak pada tinta yang digunakan. Jenis printer yang paling sering digunakan adalah printer Ink Jet.

Printer jenis ini tergolong printer murah dan praktis dibandingkan dengan printer jenis yang lain. Walaupun printer Ink Jet tergolong murah, tinta yang digunakan relatif mahal.

Tinta merupakan permasalahan utama bagi pengguna printer Ink Jet, tetapi permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan tinta infus. Tinta infus merupakan modifikasi tangki penyimpanan tinta. Berbeda dengan tinta asli, kita tidak perlu melakukan penggantian tangki tinta jika tintanya habis. Walaupun tinta infus merupakan solusi untuk menghemat pengeluaran, perlu disadari bahwa tinta asli memberikan kualitas hasil cetakan yang lebih baik.

Tinta infus terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut.
a.Tangki Tinta Utama
Tangki tinta utama merupakan tangki tinta yang terpasang pada printer, dan biasanya menempel pada cartridge printer. Kita dapat menggunakan tangki tinta utama bawaan printer atau tangki tinta lain yang sejenis.

b. Tangki Tinta Cadangan
Tangki tinta cadangan merupakan tangki tinta yang dipasang pada bagian luar printer, dan berfungsi untuk menyimpan tinta. Tinta pada tangki ini jauh lebih banyak daripada tangki tinta utama. Jika tinta mulai berkurang atau habis, kita dapat mengisikan tinta ke bagian tangki ini.

c. Selang Infus
Selang infus adalah selang yang digunakan untuk menghubungkan tangki utama dan tangki cadangan. Selang infus merupakan salah satu komponen penting dalam memodifikasi printer, karena konfigurasi selang infus dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya aliran tinta.

d. Konektor Selang Infus
Konektor selang infus merupakan konektor yang digunakan untuk menghubungkan selang infus dan tangki tinta utama.

e.Tabung Tinta Pembuangan
Tabung tinta pembuangan berfungsi sebagai tempat pembuangan sisa tinta yang tidak terpakai. Tabung ini tidak memiliki jenis khusus, biasanya menggunakan botol kecil seperti gelas air mineral

Berikut ini akan dijelaskan langkah langkah memodifikasi printer.
1.Siapkan semua komponen tinta infus.
2.Siapkan tangki tinta utama dan berikan lubang pada gambar lingkaran yang terdapat pada bagian atas tangki dengan menggunakan bor. Pastikan lubang yang Anda buat tidak terlalu besar, karena dapat menyebabkan tinta bocor.
3.Pasang karet pengunci pada lubang yang telah dibuat. Karet ini berfungsi untuk mencegah udara masuk ke tangki tinta.
4.Pasang selang infus pada konektor, dan pastikan selang terpasang dengan rapat.
5.Pasang konektor selang ke dalam lubang tangki tinta yang telah dibuat dan diberi karet pengunci. Selanjutnya pasang tangki tinta utama pada printer.
6.Setelah tangki tinta utama terpasang, pasang pengunci selang pada body printer. Pengunci ini berfungsi untuk menjaga posisi selang infus agar tetap berada di tengah printer. Gunakan selotip untuk merekatkan pengunci selang pada body printer.
7.Setelah pengunci selang terpasang, pasang selang ke dalam pengunci. Kemudian arahkan cartridge kepojok kiri printer. Ukur panjang selang dan usahakan selang tidak terlalu renggang atau terlalu rapat.
8.Gerakkan cartridge ke pojok kanan printer, dan pastikan kabel tidak terlalu tegang atau terlalu renggang.
9.Pasang ujung selang pada bagian bawah tangki tinta cadangan, dan pastikan selang infus terpasang dengan rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar