Kembali lagi ke atas
Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Jumat, 29 Januari 2010

Perawatan Hardware

Hardware (perangkat keras) komputer merupakan bagian penting yang harus dirawat dengan baik, karena jika salah satu komponen hardware mengalami kerusakan, dapat menyebabkan performa komputer menurun, bahkan komputer juga bisa rusak dan tidak dapat digunakan sama sekali.

Berikut ini adalah cara cara sederhana yang dapat digunakan untuk merawat hardware komputer.

a. Membersihkan Bagian Dalam Casing

Hampir semua komponen hardware komputer terletak di dalam casing. Oleh karena itu, casing harus selalu dirawat agar komponen komponen di dalamnya aman dari debu dan gangguan lain yang dapat mengganggu kinerja komputer.
Bagian dalam casing dapat dibersihkan dengan melakukan langkah langkah berikut ini.

•Buka casing penutup.
•Gunakan kuas bersih untuk membersihkan hardware komputer. Jangan membersihkan hardware menggunakan lap kain atau cairan karena dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada hardware.
•Lepaskan heat sink dan kipas prosesor dengan perlahan, kemudian bersihkan dengan menggunakan kuas. Bagian ini merupakan bagian yang paling banyak terdapat debu dan kotoran. Heat sink dan kipas prosesor yang berdebu dapat menyebabkan prosesor menjadi panas.
•Lepaskan memori dari motherboard, dan bersihkan dengan menggunakan kuas bersih.
•Lepaskan VGA card dari motherboard dengan perlahan, bersihkan bagian kipas dan heat sink pada VGA card.
•Bersihkan bagian sirkuit hard disk dengan menggunakan kuas bersih.
•Lepaskan power supply dan bersihkan debu yang menempel secara perlahan.

b. Menggunakan Stavolt atau UPS

Gunakan stavolt atau UPS untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan oleh kejutan listrik, atau terputusnya listrik secara tiba tiba.

c. Membuat Ventilasi yang Cukup
Pastikan udara di dalam casing dapat mengalir dengan lancar agar casing tidak terlalu panas, sehingga dapat memperpanjang usia pakai hardware komputer. Gunakan kipas tambahan agar casing tidak terlalu panas.

d. Meletakkan Komputer di Tempat yang Kering
Tempat yang lembap dapat menyebabkan timbulnya jamur pada hard ware komputer. Jika sudah begitu, hardware akan sangat sulit dibersihkan. Oleh karena itu, usahakan komputer diletakkan di tempat yang bersih dan kering.

1 komentar: