Kembali lagi ke atas
Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Rabu, 27 Januari 2010

Printer berdasarkan jenis tintanya


Printer adalah alat yang berfungsi untuk mencetak data pada komputer, baik berupa teks maupun gambar/grafik pada sebuah kertas.
Berdasarkan jenis tintanya, printer dapat dibedakan sebagai berikut.

1.Printer Dot Matrix

Printer dot matrix atau printer impact matrix adalah tipe printer dengan print head yang mundur dan muncul di atas halaman, serta proses pencetakannya menggunakan pita seperti mesin ketilk. Biasanya printer jenis ini digunakan untuk keperluan perkantoran, karena printer jenis ini dapat mencetak pada kertas rangkap seperti laporan laporan keuangan.

Printer dot matrix dihubungkan dengan kornputer menggunakan kabel paralel, sehingga sangat sulit digunakan pada motherboard tipe tipe baru yang sudah tidak menggunakan port paralel. Harga printer dot matrix relatif lebih mahal dibandingkan dengan printer Ink Jet, karena printer jenis ini memiliki daya tahan yang baik, sehingga sangat jarang mengalami kerusakan.

2.Printer Ink Jet
Printer Ink Jet bekerja dengan mendorong tetesan material cair (tinta) ke semua halaman. Printer Ink Jet adalah tipe printer yang paling banyak digunakan untuk keperluan umum, dengan harga yang terjangkau, kualitas output yang bagus, dapat mencetak warna dengan jelas, dan mudah digunakan.

3.Printer Laser Jet
Printer Laser Jet adalah tipe umum printer komputer yang dapat mencetak teks dan gambar dengan kualitas yang tinggi pada kertas dengan cepat. Prinsip kerja printer ini yaitu dengan melakukan scan berkas laser secara langsung melalui fotoreseptor printer.

Printer Laser Jet memiliki belberapa keunggulan dibandingkan dengan tipe printer yang lain. Kecepatan printer jenis ini dapat bervariasi dengan jangkauan yang luas, dan bergantung pada banyak hal, seperti intensitas gambar selama proses pencetakan. Model printer laser yang paling cepat dapat mencetak lebih dari 200 halaman monokrom per menit (12.000 halaman per jam), dan printer laser warna yang paling cepat dapat mencetak lebih dari 100 halaman per menit (6.000 halaman per jam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar