Kembali lagi ke atas
Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Rabu, 27 Januari 2010

Webcam (web camera)



Webcam (web camera)
adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port US13.Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umum, sehingga kata web kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan oleh kamera, misalnya streetcam yang memperlihatkan pemandangan jalan.

Ada juga metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, trafficam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, weathercam yang digunakan untuk melihat keadaan cuaca, bahkan keadaan gunung berapi dapat diamati dengan volcanocam.

Sebuah webcam yang sederhana terdiri dari satu lensa standar yang dipasang pada sebuah papan sirkuit (PCB) untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping yang berfungsi untuk menutupi lensa standar, serta memiliki sebuah lubang lensa pada casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar. Selain itu, webcam juga memiliki kabel support yang terbuat dari bahan yang fleksibel. Salah satu ujung bahan tersebut dihubungkan dengan PCB dan ujung yang lain memiliki konektor. Kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah, dan sudut pandang webcam.

Sebuah webcam biasanya dilengkapi dengan software yang berfungsi untuk mengambil gambar dari kamera digital secara terus menerus atau dalam interval waktu tertentu, dan menyiarkannya melalui koneksi internet.

Ada beberapa metode penyiaran yang biasa dilakukan. Metode yang paling umum adalah menggunakan software yang dapat mengubah gambar menjadi file dengan format JPEG, dan meng upload nya ke web server menggunakan file transfer protocol (FTP).

Dalarn pembahasan webcam, dikenal istilah frame rate yang mengindikasikan jumlah gambar yang dapat diambil dan ditransfer oleh sebuah software dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi pula.

Webcarn dapat digunakan untuk video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, dan video phone call.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar